Setting Kelas

 

dsc01507

Kenapa kita harus berpikir tentang setting kelas? Jawabannya sederhana, karena itu adalah salah satu pondasi penting dalam manajemen kelas. Ruangan yang terasa sempit, tidak tertata, terlalu banyak cahaya di satu area, tidak memudahkan siswa untuk melakukan pergerakan, hal-hal seperti itu bisa menjadi gangguan yang walaupun rasanya kecil, tapi cukup mengganggu dalam kegiatan belajar di kelas dan menyebabkan kegiatan belajar mengajar jadi tidak efektif.

Mendesain sebuah ruang kelas itu bagaikan seni tingkat tinggi. Disana kita harus memperhatikan letak meja kursi, lemari, pintu keluar masuk dan kursi meja guru. Belum lagi pada beberapa sekolah perlu untuk menambah warna warni ataupun pernak pernik pada ruangan kelas agar kelas terlihat lebih menarik bagi siswa. Beberapa tujuan penting dari setting kelas adalah menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, efektif untuk meminimalkan distraksi atau gangguan dalam proses belajar mengajar.

Setting atau bentuk kelas bisa sangat beragam, dan hal ini kembali tergantung pada kreativitas ataupun tujuan pembelajaran yang diajarkan oleh guru. DI beberapa sekolah, ruang kelas diberi kursi dan meja yang mudah untuk dipindahkan. Hal ini bertujuan agar guru maupun siswa dapat lebih mudah memindahkan meja dan kursi agar sesuai dengan topik pembelajaran yang dibahas di tema itu atau bahkan di minggu itu. Beberapa hal yang patut kita pertimbangkan dalam mendesain ruang kelas kita antara lain adalah :

  1. Kita harus berpikir bagaimana menciptakan ruangan kelas yang cukup untuk semua siswa, dengan ruang gerak yang memudahkan mereka untuk mengambil alat tulis atau segala keperluan belajar bagi mereka.
  2. Kita harus memperhitungkan pencahayaan di dalam ruangan. Pencahayaan dalam ruangan ini maksudnya adalah apabila terlalu banyak cahaya yang masuk sehingga membuat siswa menjadi silau, maka kita bisa mengubah susunan meja kursi dan peralatan di dalam kelas agar siswa tidak terlalu silau atau bahkan tidak terlalu gelap saat belajar di kelas.
  3. Suasana di ruang kelas dibuat senyaman mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meminta pendapat siswa mengenai setting kelas. Siswa yang tahu tingkat kenyamanan bagi diri mereka untuk belajar. Meminta pendapat siswa akan membantu mereka untuk dapat mengambil peran dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kontrol yang mereka dapatkan akan membantu meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.
  4. Pergantian setting kelas dapat dilakukan perminggu, pertema ataupun per semester. Semua kembali kepada kebutuhan siswa dan guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Selamat mengajar dan selamat bersukacita dalam mengajar ^_^

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s