desperate

Dia menoleh padaku. Kali ni sudah yang kesekian kalinya. Rona gelisah tergambar jelas di wajahnya. Matanya menerawang, seolah dia tidak ada di sini lagi. Sembari memainkan rambutnya, ia mencoret coretkan sesuatu di kertasnya. Aku hanya memandangnya saja dari kejauhan. Aku tak mau mendatanginya karena kali ini ia harus mencoba, mencoba dengan seluruh kemampuannya.

30 menit berlalu. Sudah tak terhitung berapa kali ia menolehkan wajahnya kepadaku. Tapi aku tak bergeming. Aku tetap berpura-pura tak melihatnya. Aku tak mau menampakkan belas kasihanku padanya. Aku sudah menetapkan batas yang jelas untuknya. Kali ini kamu berjuang sendiri anakku.

Waktu terlalu sangat lambat bergulir untukku dan mungkin juga untuk mereka. Menunggu mereka rasanya seperti seabad lamanya. Menunggu rasanya seperti sebuah adegan gerak lambat, seperti sebuah roda yang berputar telalu pelan. Sangat pelaaaannn… seperti buffer yang seringkali kualami ketika aku menonton video di youtube. Beberapa kali aku tenggelam dalam lamunanku atas dunia sambil sesekali mencuri pandang pada mereka. Akhirnya tiba waktuku untuk mengakhiri penderitaan kami atas waktu yang harus kami jalani. Aku memanggil nama mereka satu persatu. Setiap nama kupanggil dengan lantang agar mereka tidak jatuh tertidur dalam pelukan waktu.

Ada yang datang padaku dengan penuh keberanian, ada yang menampakkan wajah penuh kepuasan, namun ada pula wajah-wajah yang tertunduk layu seolah mereka telah kalah dalam pertempuran ini. nama terakhir yang kusebut adalah namanya. Nama yang akan selalu kuingat karena dia adalah anakku yang paling kukasihi diantara anak anak yang lainnya. Dia memberikanku hasil kerjanya. Kali ini aku yang tertegun tak berdaya.

Leave a Reply

