score

nilai memang cukup penting karena dari nilai kita bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai kemampuan anak untuk menyerap pelajaran yang selama ini diajarkan. namun nilai tidak dapat menjadi tolak ukur kepandaian seorang anak. seorang anak yang memiliki nilai tinggi di hampir semua mata pelajaran belum tentu dia pintar di segala hal, begitu juga dengan sebaliknya, ada anak yang mempunyai nilai akademis yang bisa dikatakan pas-pasan namun ternyata dia cukup pandai di bidang lain yang tidak terukur dengan angka.

sistem penilaian di indonesia kebanyakan hanya berorietasi pada nilai akademis siswa. karena itu pada akhirnya yang menjadi perhatian para orangtua hanya melulu pada kemampuan akademis saja. padahal jika kita mau melihat dengan lebih jelas, kemampuan seorang anak tidak hanya dilihat dari segi akademis saja, tetapi ada yang disebut dengan multiple inteligence (untuk topik ini akan dibahas dalam catatan yang berbeda).

pada sistem penilaian akademis, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangan untuk mengukur kemampuan anak. penilaian yang dipakai sebaiknya tidak hanya dibatasi pada penilaian hasil kerja siswa saja, melainkan juga seluruh aspek, seperti hasil unjuk kerja (observasi) baik secara individual maupun secara berkelompok. demikian juga untuk penilaian tertulis, sebaiknya tidak hanya penilaian individual saja melainkan juga penilaian kelompok. hal ini bertujuan untuk dapat mengenali kemampuan siswa secara menyeluruh.

contohnya untuk kasus yang terjadi pada anak-anakkku di kelas satu tahun ajaran ini. beberapa anak di kelasku tidak dapat membaca ataupun menulis, namun mereka mempunyai kemampuan untuk menjawab pertanyaan secara lisan. itu sebabnya dari segi penilaian hasil kerja (worksheet), rata-rata dari mereka akan memperoleh nilai yang rendah. untuk mengatasi hal itu maka terkadang kami akan memberikan kuiz secara lisan untuk menambah nilai mereka. kadang kami juga memberikan project untuk mereka kerjakan tanpa  kegiatan membaca ataupun menulis. begitu juga terkadang kami mengadakan tugas kelompok baik secara lisan maupun tertulis. hal ini bertujuan agar kami mengetahui kemampuan mereka secara individu maupun partisipasi mereka dalam kelompok.

masih berkaitan dengan nilai, terkadang orangtua memiliki harapan agar nilai akademis anak mereka cukup tinggi. untuk mencapai hal itu terkadang mereka mengikutkan anak pada beberapa bimbingan belajar baik secara privat maupun kelompok. akhirnya sepulang sekolah, anak sudah ditunggu dengan berbai kegiatan belajar yang lainnya. hal inilah yang cukup mempengaruhi kemampuan anak menangkap materi di sekolah. dengan kata lain, jika anak terlalu banyak dijejali dengan les, maka waktu bermain mereka akan semakin berkurang. akibatnya, anak tidak dapat berkonsentrasi lagi selama belajar di sekolah, karena mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk bermain.

kadang untuk dapat mencapai tuntutan dari orangtua, beberapa sekolah mempunyai siasat untuk menaikkan skor anak. tidak mengkatrol secara terang-terangan tetapi bermain halus dengan cara seperti misalnya: mengadakan kegiatan belajar tambahan lalu memasukkan nilai hasil belajar tambahan itu pada form nilai resmi. atau bisa jadi menaikkan prosentase beberapa kegiatan tertentu yang dianggap cukup mudah diikuti anak sehingga pada akhirnya berpengaruh terhadap besarnya hasil akhir seorang anak atau beberapa metode lain untuk menaikkan prosentase nilai anak.

hal-hal seperti itu walaupun pada akhirnya membantu untuk menaikkan skor anak, tetapi pada akhirnya akan merugikan si anak itu sendiri. dia akan dianggap sebagai anak yang pandai dari segi akademis namun kenyataannya adalah sebaliknya. pada akhirnya kredibilitas dari sekolah itupun akan dipertanyakan juga. aaahhhh… semoga kami masih tetap dapat mempertahankan kejujuran ini dalam sistem penilaian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s