what’s your color??

Ada 4 tipe watak atau kepribadian dalam diri manusia yakni sanguine, melankolis, pleghmatis maupun koleris. Dalam diri manusia ada watak yang dominan tetapi pasti bercampur dengan watak yang lain. Misalnya seseorang tidak mungkin menjadi seorang sanguine murni 100%  tetapi pasti ada unsur lain seperti koleris, melankolis ataupun plegmatis dalam dirinya walau mungkin kadarnya lebih rendah. Setiap watak ini mempunyai sifat tertentu yang mempengaruhi setiap tindakannya.

Dulu kami pernah mendapat training mengenai hal ini. Tujuan dari training ini adalah selain mengenali watak kami sendiri, tentu juga untuk mengenali warna dari anak didik kami sehingga kami bisa memberikan treatment yang tepat untuk setiap inidividu. Tetapi walau begitu, kami juga menyadarkan diri kami agar tidak terjatuh pada label warna tertentu untuk anak ataupun individu, tetapi kami berusaha untuk melihat unsur apa saja yang ada dalam diri individu tersebut. Kami akan menyebut : ada warna… pada diri si A” dan sebagainya. Pengenalan karakter ini berguna untuk membantu mengenal individu baik kebutuhan maupun ketakutannya.

Untuk mengenali hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan 4 macam pilihan warna yakni merah, biru, kuning dan hijau (mengapa 4 warna ini yang dipilih, tentu saja dapat ditanyakan kepada seorang psikolog :D). Merah melambangkan karakter sanguine, biru melambangkan karakter koleris, hijau melambangkan watak melankolis, dan kuning adalah plegmatis.

  1. Sanguine : + mudah bergaul, PD, berani, emosional, optimis, spontan, antusias dan ceria

–          Mudah melupakan teman dan tugas, cepat bosan, tidak bisa diam, kurang berpikir panjang, cepat bertindak, kurang disiplin karena suka mengikuti kata hati

  1. Koleris : + kompetitif, suka memimpin, berani, PD, mandiri, starter, tegas, kemauan keras

–          Dominasi, memaksa, tidak sabar ingin cepat mendapatkan hasil, petualang, risk taker

  1. Plegmatis : + mengalah, cinta damai, tenang, emosi stabil, patuh dan nurut, sabar, setia, pendengar yang baik, prosedur tradisional

–          Sulit merubah situasi, pasif, kurang inisiatif, pengikut, sulit mengambil keputusan, kurang PD

  1. Melankolis : + hati-hati, akurat, teliti, sistematis, patuh aturan, teratur, perasaan mendalam, serius, logis

–          Mood swing, peragu, sensitive, waspada, tergantung, mudah mengelak, pesimistis, kaku, pemilih

Sanguine dan koleris merupakan kepribadian yang cenderung terbuka (ekstrovert), dan sebaliknya, plegmatis dan melankolis memiliki kepribadian yang cenderung tertutup (introvert).

Setiap orang memiliki warna yang bervariasi, dan tidak dominan dalam satu warna saja. Semakin dewasa dirinya, warna yang dimilikinya ketika kecil dapat saja mengalami perubahan, bergantung pada pola asuh dan lingkungannya. Contohnya : anak yang memiliki kecenderungan berwarna hijau, jika pola asuh dari orangtua membuatnya untuk menjadi seorang pengambil keputusan ataupun berada dalam lingkungan yang sangat ceria, maka bisa saja warnanya menjadi berubah. Dia akan tetap memiliki karakter melankolis, namun karakter itu bisa jadi tidak dominan lagi.

Setiap karakter memiliki sisi positif dan negatifnya masing masing. Tidak ada karakter yang sempurna dan setiap karakter punya needs (kebutuhan) dan fear (ketakutan) masing-masing. Contohnya : Koleris mempunyai fear kehilangan kontrol, rutinitas ataupun berada dalam situasi monoton. Needsnya adalah tantangan atau kesempatan baru. Sementara Sanguine mempunyai fear sendirian, tidak ada teman ataupun dia mendapat cap jelek. Orang Sanguine memiliki needs untuk penerimaan social dan keinginannya diperhatikan. Orang Plegmatis memiliki fear situasi yang tidak terduga ataupun cara kerja berantakan, sedangkan needsnya adalah lingkungan yang aman, tenang, terprediksi ataupun lingkungan yang memiliki perubahan yang tidak terlalu besar. Sementara si Melankolis memiliki fear tidak bisa mengontrol emosi, dipermalukan/dicela sementara needsnya adalah keteraturan, kepastian, detil dan kejelasan instruksi.

So… what is your color???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s