classroom management

ketika pertama kali mengajar pada tahun 2007, kalimat ini terdengar sangat awam di telingaku. maklum… karena masih baru di dunia ini. tahun 2008, di sekolah yang berbeda, aku bahkan sempat diberi training khusus (aku dan teman2 baru yang akan mulai bekerja sebagai guru disana). banyak teori yang kami dapatkan dan segera kurasa berguna untukku. salah satu hal yang masih sangat kuingat adalah. learning is not about how you teach but its about what they’ve learn. jadi, yang menjadi pusat dalam pengajaran ini adalah anak. subyeknya bukan melulu kita sebagai media utama, tetapi anak yang menjadi subyek. guru adalah mediator, penyampai pesan, dan bukan pesan itu sendiri.

seorang guru harus dapat memanage kelas yang akan dipimpinnya. hal itu tidak hanya berlaku bagi guru kelas, namun berlaku bagi setiap guru. classroom management adalah bagaimana kita dapat mengatur susana kelas sehingga kelas menjadi tempat yang aman, nyaman, tenang sehingga kegiatan belajar mengajar dapat menjadi lancar.

ada banyak ide yang dapat diterapkan untuk mengatur suasana kelas. masing-masing cara ini dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. namun tentu saja, kebutuhan setiap anak dalam setiap kelas tentu saja berbeda antar yang satu dengan yang lainnya sehingga kita tidak dapat memaksakan pola tertentu. hal ini kembali, bergantung pada kebutuhan kelas masing-masing

pada tahun ini aku diberkahi anak-anak yang sangat aktif dan lincah. mereka juga sangat percaya diri dalam menunjukkan bakat mereka. mereka senang bernyanyi, mereka senang menari, atau dengan kata lain… mereka bak artis-artis cilik. walau begitu, bukan berarti mereka semua memiliki kepercayaan diri yang besar. tetap saja ada beberapa dari mereka yang masih malu-malu untuk berbicara. untuk perform di depan umum mereka bisa namun masih terlihat perbedaannya dengan anak-anak yang memang memiliki kepercayaan diri yang sangat besar.

berhadapan dengan anak yang memiliki berbagai karakter seperti ini tentulah tidak mudah. aku mempunyai seorang partner yang kebetulan memiliki karakter yang sama-sama tegas. walau begitu, kami yang sama-sama memiliki latar belakang pernah mengajar di preschool, tentu terbantu dengan latar belakang tersebut. jika suasana mulai tidak terkendali di kelas kami, dalam arti ketika mereka mulai untuk berbicara satu dengan yang lain sehingga membuat kelas menjadi gaduh, maka kami memiliki berbagai trik untuk menenangkan mereka.

trik yang pertama adalah dengan menghitung mundur dari angka 10-0. atau terkadang kami mengecilkan hitungan dari 5-0 ataupun 3-0. terkadang kami juga mengadakan lomba freeze and unfreeze. ini adalah perlombaan menjadi patung dimana anak yang mampu bertahan diam paling lama, dia yang akan menjadi pemenang. terkadang kami mengadakan lomba ini selama 10-15 menit dimana anak-anak akan menjadi patung di kursi mereka masing-masing, tanpa gerakan, tanpa suara, hanya terdiam. terkadang kami hanya terdiam di depan kelas bagai patung dengan isyarat tangan agar anak-anak dapat melihat isyarat tersebut sehingga mereka menjadi tenang. kami juga beberapa kali menggunakan hitungan mundur melalui isyarat tangan  sehingga kami tidak perlu berteriak untuk menenangkan mereka.

untuk berbagai kegiatan kelas, kami juga berusaha agar kegiatan kelas kami menjadi menarik setiap hari dan tidak membosankan bagi anak-anak. terkadang kami mengajak mereka bermain sompyor untuk menambah perbendaharaan kata anak, terkadang kami berlomba smilecard alias kuiz yang berhadiah smilecard. pertanyaan dari kuis ini dapat diambil dari berbagai mata pelajaran, baik teori maupun praktek dengan mempraktekkan beberapa gerakan tertentu. kami juga terkadang mengadakan lomba domikado untuk merangsang daya ingat anak dengan mengubah berbagai nomor hitungan. dengan permainan sederhana ini akan akan belajar untuk menghadapi situasi yang berbeda (karena nomor yang tidak pernah sama), melatih daya ingat mereka agar mereka berhati-hati dan sebagainya. kami juga senang mengajak mereka untuk berjalan-jalan di sekeliling sekolah saat circle time sebagai pemanasan bagi mereka untuk mempersiapkan diri mengikuti pelajaran yang akan berlangsung hari ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s