cooking class

hari ini kami mengadakan cooking class di sekolah yang bertemakan “healthy and unhealthy food”. Tema kami minggu ini memang adalah mengenai healthy and unhelathy food. anak-anak diajarkan untuk mengenal manakah makanan yang sehat dan termasuk dalam kategori makanan yang tidak sehat. pada pelajaran science anak belajar untuk mengenal 4 sehat 5 sempurna dan membedakannya dari makanan yang tidak sehat. di pelajaran bahasa inggris mereka belajar untuk mengenal beberapa jenis sayur dan buah dan penyebutannya dalam bahasa inggris, dan ada bebebarap pelajaran lain yang tentu saja berkaitan dengan makanan sehat dan tidak sehat itu.

tibalah hari pelaksanaan cooking class. anak kelas satu dan dua dibagi menjadi 10 kelompok dengan 10 menu yang berbeda. ada yang belajar masak ca kangkung, sayur bayam maupun beberapa jenis jus. namun sebelum tiba saat memasak itu mereka terlebih dulu harus masuk ke dalam corner-corner pelajaran. inilah salah satu hal yang menarik karena dari kegiatan ini mereka bisa belajar banyak sekali hal.

awalnya mereka dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dan diberi lotere untuk mendapatkan tugas apa yang harus mereka lakukan (membuat jus atau memasak sayur). masing-masing kelompok ini harus masuk ke dalam corner-corner yang disediakan untuk menjawab beberapa pertanyaan dari guru dan semua corner yang ada harus mereka masuki. ada 5 corner yang disediakan yakni corner english, math, Art-PE, Bahasa Indonesia maupun science. jika mereka berhasil untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dalam corner tersebut maka mereka berhak untuk mendapatkan uang sebagai bekal mereka untuk berbelanja.

setelah mendapatkan uang yang cukup mereka kemudian kembali ke kelas untuk menghitung berapakah uang yang  mereka dapatkan dan apakah uang tersebut cukup untuk mereka belanjakan di toko sayur dan buah. Setelah itu mereka berbelanja pada toko sayur yang disediakan. di sana mereka belajar untuk memilih sayur atau bahan belanjaan yang mereka butuhkan. di sini anak belajar untuk menghitung uang dan belajar untuk memilih bagaimanakah cara memilih bahan makanan yang masih segar.

setelah memilih bahan makanan, mereka lantai tiga dimana mereka akan mendapat penjelasan dari salah satu orangtua murid untuk belajar mengenali makanan yang masih segar dan makanan yang sudah layu ataupun tidak layak dimakan lagi. setelah itu mereka akan disajikan demo membuat sayur cap cay dan dijelaskan nilai gizi dari sayur- sayuran tersebut. anak-anak lalu datang ke meja- meja yang disediakan dan dengan pendampingan guru, mereka belajar untuk mengolah makanan tersebut.

kegiatan cooking class ini terasa begitu menarik karena mereka dapat belajar banyak sekali hal sekaligus dalam satu kegiatan antara lain mengenal nama-nama sayur dan buah baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris, mengenal jenis makanan sehat dan tidak sehat, memilih makanan yang masih segar ataupun mengenali makanan yang sudah layu atau tidak layak konsumsi, menghitung ung, membelanjakan uang, merencanakan anggaran keuangan untuk berbelanja, menghitung berapa uang yang mereka perlukan untuk membeli bahan makanan dan masih banyak hal lainnya. di samping itu mereka juga tidak bosan karena cooking class ini mengajak mereka untuk praktek secara langsung sehingga mereka dapat memahami pelajaran yang diberikan dan bukan hanya sekedar mengingat.

-jogya, 18 oktober 2011-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s